Senin, 19 April 2010

It's Not a Big Deal....

Pagi tadi entah kenapa mood saya udah jelek. Ya, ada suatu hal yang membuat saya cukup kesal (ga usah disebutin ya hal itu apa..). Yang jelas pagi ini juga saya harus merusak puasa saya karena saya sedikit membalas perlakuan orang yang kurang menyenangkan itu. Walaupun ga terang-terangan dan kalau orang itu ga 'ngeh', maka dia pun ga akan menyadari kalau sebenarnya saya sedang membalas perbuatannya pada saya atau paling tidak saya sedang menunjukkan kalau saya ini ga terima dia berbuat begitu. Sebenarnya, ada suara-suara dalam hati saya yang mengingatkan saya untuk bersabar dan tidak membalas perbuatan orang itu. Tapi entah kenapa setan di dalam diri saya yang kemudian menang dan mendorong saya untuk melakukan sedikit pembalasan. Astagfirullahal 'azhim... Ya, saya tahu puasa saya sudah tidak sempurna lagi karena saya sendiri lah yang sudah merusak nilai puasa saya dengan sesuatu yang sebenarnya tidak penting karena saya tidak mampu mengendalikan nafsu amarah saya sendiri.

Terkadang dalam hidup kita menemui berbagai hal yang bisa mengaduk-ngaduk emosi kita. Tapi jika dilihat lagi, sebenarnya hal itu bukanlah sesuatu yang perlu dibesar-besarkan apalagi sampai didramatisir sedemikian rupa. It's just a small stuff. Dan hal itu juga tidak akan kita ingat dalam waktu yang lama, hanya emosi sesaat saja. Jadi, untuk apa kita mengerahkan semua energi kita untuk memikirkannya atau menyikapi hal itu secara berlebihan? Hanya buang-buang waktu dan tenaga saja. Dan sebagian besar yang kita temui dalam kehidupan kita pun sebenarnya hanya masalah kecil saja. Kita lah yang lebih sering membesar-besarkannya. Jadi, ketika kita menemui sesuatu yang tidak mengenakkan, membuat kita kesal dan emosi, sekali lagi itu bukanlah persoalan yang besar. Cobalah untuk tenang dan berikan sedikit waktu kepada otak kita untuk berpikir (karena otak lebih rasional), pantaskah kita sampai sebegitu emosinya untuk hal sekecil ini? Dan katakan juga pada diri sendiri bahwa "It's not a big deal". Sehingga apapun itu tidak akan terlalu menyita perhatian kita terlalu besar karena sekali lagi It's just a small stuff.



Tidak ada komentar: